Gebrakan Pertama Kabinet Jokowi: Tidak Ada Penerimaan CPNS Selama 5 Tahun

Gebrakan Pertama Kabinet Jokowi: Tidak Ada Penerimaan CPNS Selama 5 Tahun
wartalima.com – Era pemerintahan presiden Indonesia baru, Joko Widodo (Jokowi) telah dimulai. Di awal pemerintahannya ini, Jokowi mengeluarkan satu kejutan berupa kebijakan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Moratorium ini mengejutkan banyak pihak karena tidak seperti yang pernah dilakukan oleh pemerintahan SBY, Jokowi akan melakukan moratorium selama lima tahun.

Hal tersebut berarti tidak akan ada penerimaan CPNS untuk semua instansi baik pusat maupun daerah selama lima tahun dalam masa pemerintahan Jokowi-JK.

Menurut keterangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Selasa (28/10) seusai sertijab di kantornya, kebijakan tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla atas petunjuk Jokowi.

Ditambahkannya, kebijakan moratorium ini berlaku untuk seluruh jabatan di PNS, kehutanan, pertambangan dan semua kementerian yang bertujuan untuk memberi kesempatan seluruh instansi di Indonesia untuk melakukan audit organisasi. Dengan begitu diharapkan dapat diperoleh hasil berapa jumlah ideal untuk PNS di negara ini.

Disinggung tentang penerimaan CPNS 2014, Yuddy menjelaskan bahwa penerimaan tahun ini akan dibiarkan berjalan namun tidak untuk tahun depan dimana moratorium era Jokowi ini mulai diberlakukan.

Bersumber dari data KemenPAN-RB, tahun 2013 memiliki jumlah PNS mencapai 4,3 juta orang di seluruh Indonesia, dimana jumlah itu sudah menurun drastis terkait dengan moratorium tahun 2010-2011 dan juga kuota penerimaan CPNS tahun 2012-2014 yang dikurangi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *