Fadli Zon: Pelantikan Ahok Harus Dibatalkan

Fadli Zon: Pelantikan Ahok Harus Dibatalkan
wartalima.com – Dalam akun twitternya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon berkicau bahwa pelantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta harus dibatalkan.

“Pelantikan Ahok sbg Gub DKI adalh tindakan ilegal n inkonstitusional. Harus dibatalkan,” tulis Fadli Zon, Jumat, 14 November 2014.

Menurut Fadli, jika Ahok dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta maka hal itu merupakan pelanggaran terhadap Perppu Nomor 1 Tahun 2014 pasal 174 dan pasal 203.

Dalam Pasal 203 Perpu Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota berbunyi, “Dalam hal terjadi kekosongan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang diangkat berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Wali Kota menggantikan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota sampai dengan berakhir masa jabatannya.”

Sedangkan Pasal 174 ayat (2) Perpu Nomor 1 Tahun 2014 berbunyi, “Apabila sisa masa jabatan Gubernur berhenti atau diberhentikan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan sisa masa jabatan lebih dari 18 (delapan belas) bulan maka dilakukan Pemilihan Gubernur melalui DPRD Provinsi.”

Dijelaskan lebih lanjut oleh Fadli bahwa isi Perppu itu sudah sangat jelas dan tidak susah untuk menafsirkannya. Menilik pada aturan tersebut, maka Ahok tidak bisa dilantik menjadi Gubernur DKI secara otomatis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *