Jokowi: Pelaku Illegal Fishing Langsung Tenggelamkan Saja, Tak Perlu Ditangkap Lagi

Jokowi dan Susi Pudjiastuti (merdeka)Jokowi dan Susi Pudjiastuti (merdeka)
wartalima.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai penangkapan pelaku illegal fishing. Namun rupanya hal tersebut membuat Jokowi merasa kesal karena seharusnya Susi menangkap puluhan orang tetapi kenapa hanya empat yang tertangkap.

Hal ini disampaikan Jokowi secara langsung di hadapan para peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA ) LI dan LII Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia Tahun 2014 di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 18 November 2014.

Saat ditanya kenapa tidak banyak pelaku illegal fishing yang tertangkap, Susi menjawab, “Bensin habis, Pak.”

Pernyataan tersebut membuat Jokowi akan melakukan pembicaraan tersendiri dengan Staf Angkatan Laut (Kasal) dan Panglima TNI.

Ditegaskan Jokowi, dirinya sudah memerintahkan untuk langsung menenggelamkan kapal illegal fishing, tidah perlu menangkap pelakunya, “Saya sampaikan kemarin, sudahlah enggak sudah tangkep-tangkepan. Langsung tenggelamkan 10 atau 20 baru nanti mikir. Tapi orangnya diselamatkan dulu. Nanti jadi rame kalau sama negara lain. Tenggelamkan 100 biar nanti yang lain mikir. Kalau enggak kayak gitu ya kekayaan kita habis.”

Jokowi pun mengungkapkan bahwa terdapat ribuan pelaku illegal fishing di Indonesia yang merugikan negara hingga ratusan triliun rupiah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *