Letnan Kolonel Gadungan Dibekuk TNI AL Yogyakarta

Letnan Kolonel Gadungan Dibekuk TNI AL Yogyakarta

Yogyakarta, wartalima.com РMengaku sebagai perwira menengah TNI AL berpangkat Letnan Kolonel, Sugeng Supriyanto (40) dicokok Polisi Militer Angkatan Laut Yogyakarta. Pria asal Gresik, Jawa Timur yang mengontrak di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah itu ditengarai melakukan sejumlah penipuan.

“Tadi malam kita tangkap pelaku di rumah kontrakannya di Magelang,” kata Komandan Detasemen Polisi Militer TNI AL Yogyakarta, Mayor Laut PM Edwin Heryana, kepada wartawan Sabtu (3/5/2014).

Penipuan yang dilakukan dengan modus sebagai calo yang bisa mengantarkan seseorang masuk sebagai prajurit TNI AL. Sedikitnya, ada 11 orang yang sudah diperdaya pelaku selama kurun waktu 2012 hingga 2013 lalu.

“Pengakuan dia sudah melakukan penipuan sebanyak 11 orang. Delapan orang korban dari Lampung (Sumatra), dua orang dari Temanggung (Jawa Tengah), dan satu orang dari Madiun (Jawa Timur),” ujarnya.

Para korban, lanjutnya, menyetor uang secara transfer ke bank milik pelaku. Besarnya bervariasi mulai Rp35 juta hingga Rp80 juta secara bertahap. Hasil penipuan yang dilakukan pelaku ini mencapai lebih dari Rp400 juta.

“Para korban mendaftar masuk di Angkatan Laut, tapi mereka semua gagal. Oleh pelaku, ditawari jika ingin lolos melalui perantara dia, tapi harus menyetor uang pelicin,” jelasnya.

Meski sudah menyetor uang, korban tetap tidak bisa masuk sebagai prajurit TNI AL karena memang sudah tidak lolos seleksi. “Ya namanya gagal ya tidak bisa masuk, aturan sudah jelas,” ujarnya.

Sayangnya, para korban ini tidak ingin mengadukan kasus penipuan tersebut, meski sudah kehilangan uang. “Itu semua dari pengakuan sementara pelaku, ada salah satu korban memiliki nomor telefon, tadi kita croscek ternyata benar, sudah menyerahkan uang ke pelaku,” jelasnya.¬†

( okezone.com )

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *