Awasi Laut, Jokowi Ingin Beli Kapal Patroli Sebanyak-banyaknya

Kapal TNI AL jenis KAL Telaga Dua-101 (antara)
wartalima.com – Sebagai langkah untuk memberantas aksi pencurian ikan yang dilakukan oleh kapal-kapal asing di wilayah perairan Indonesia, Presiden Joko Widodo ingin membeli kapal patroli sebanyak-banyaknya pada tahun 2015 nanti. Kapal-kapal itu nantinya juga akan digunakan sebagai sarana untuk mengawasi lautan.

Hadir dalam acara peringatan Hari Nusantara 2014 di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin, 15 Desember 2014, Jokowi mengakui bahwa telah memberitahukan keinginannya tersebut kepada Menteri Keuangan.

Aksi pencurian yang marak di kawasan perairan Indonesia harus dihentikan, untuk itu diperlukan armada kapal dalam jumlah besar untuk berpatroli mengawasi. Apabila ada kapal asing kedapatan beroperasi di wilayah perairan Indonesia, Jokowi menginstruksikan untuk segera mengejar dan menenggelamkannya.

Meskipun ditenggelamkan, namun dalam prakteknya harus dijalankan sesuai dengan prosedur yang berlaku yang telah ditetapkan dalam undang-undang untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan.

Jokowi menegaskan, laut dan budaya maritim Indonesia harus benar-benar dijaga dengan serius oleh pemerintah untuk menegakkan kedaulatan di wilayah perairan Nusantara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *