Agar Otak Anak Cerdas, Konsumsi Ikan Saat Hamil

Kategori: Kehidupan » Parenting
Ikan tuna wartalima.com - Kepada ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi ikan agar anak yang dilahirkan nantinya memiliki otak cerdas. Ikan yang mempunyai kandungan proten dan omega-3 memiliki peranan penting untuk perkembangan otak pada janin yang mengalami pertumbuhan pesat saat berada dalam usia kandungan 20 hingga 36 minggu.

Sebaiknya ikan juga dikonsumsi secara rutin sebab ibu hamil rentan terhadap kekurangan zat gizi. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE.
Tjandra juga menghimbau kepada para ibu hamil untuk memberikan asupan gizi yang baik selama 1.000 hari pertama kehidupan dengan menjaga kecukupan gizi bagi sang buah hati.

Masa tersebut dihitung sejak masa konsepsi hingga anak berusia dua tahun. Jika dalam masa itu, anak mengalami kekurangan gizi maka akan berakibat pada gangguan pertumbuhan, perkembangan otak dan metabolic programming pada kehamilan sebagai dampak jangka pendeknya.

Sedangkan dampak jangka panjang berakibat pada gangguan kognitif, pertumbuhan (stunting) dan risiko menderita penyakit degeneratif seperti obesitas, stroke, hipertensi dan diabetes.
DISCLAIMER: Segala Komentar yang tertampil bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi WARTALIMA.com melainkan adalah sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim. bagi komentar yang dianggap berisi fitnah, tidak etis atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan, Redaksi berhak menghapuskan komentar dan atau menutup akses bagi pengirim.
LiveZilla Live Help