Mantan Sekjen KESDM Resmi Ditahan KPK

Mantan Sekjen KESDM Resmi Ditahan KPK
wartalima.com – Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Waryono Karno resmi ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis malam, 18 Desember 2014. Waryono akan ditahan dan diperiksa selama 20 hari ke depan.

Penahanan tersebut terkait dugaan kasus korupsi sosialisasi sepeda sehat dan perawatan Gedung Kantor SESDM. Meskipun baru hari ini resmi ditahan, namuan KPK sudah lama menetapkan Waryono sebagai tersangka.

Sebelum ditahan, tim penyidik KPK memeriksa Waryono pada hari yang sama dari pukul 09.30 hingga 20.50 WIB di Gedung KPK.

Seusai menjalani penyidikan, Waryono hanya mengaku pasrah atas penahanan terhadap dirinya itu.

Semenjak 7 Mei 2014, Waryono ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana korupsi kegiatan sosialisasi, sepeda sehat dan perawatan Gedung Kantor SESDM.

Selain itu, KPK juga menduga penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Waryono terhadap penggunaan anggaran di Kesetjenan ESDM senilai Rp 25 miliar pada 2012. Hal tersebut menyebabkan negara menanggung kerugian Rp9,8 miliar.

Dia juga pernah dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana lantaran terlibat kasus dugaan penerimaan hadiah kegiatan SKK Migas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *