Mulai Juni 2015, Elpiji 3 Kg Harus Dibeli dengan Kartu Subsidi

Mulai Juni 2015, Elpiji 3 Kg Harus Dibeli dengan Kartu Subsidi
wartalima.com – Mulai Juni 2015, pemerintah akan mulai melakukan uji coba sistem distribusi tertutup bagi elpiji bersubsidi tabung tiga kilogram.

Pelaksana Tugas Dirjen Migas I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan Batam, Bangka dan Bali akan menjadi wilayah uji coba ini yang dijadwalkan akan dilakukan selama empat bulan.

Setelah masa uji coba selesai dan dievaluasi, pemerintah akan menerapkan sistem yang sama di seluruh wilayah Indonesia pada awal 2016.

Sistem distribusi elpiji bersubdisi tiga kilogram tertutup ini dilakukan dengan cara memberikan kartu kepada masyarakat dan usaha mikro yang berhak mendapatkannya.

Nantinya, pemerintah akan memberikan subsidi langsung dengan mentransfer dana pembelian elpiji langsung ke warga yang berhak menerimanya dan akan dijadikan satu dengan program kartu lainnya.

Meski warga akan menerima dana subsidi langsung dari pemerintah, namun dana tersebut tidak dapat diambil atau ditukarkan dalam bentuk tunai, melainkan hanya bisa ditukarkan dengan elpiji tiga kilogram di pangkalan.

Baik masyarakat maupun usaha mikro masing-masing akan mendapatkan dana subsidi antara Rp 42-45 ribu per bulan untuk setiap kepala keluarga.

Setelah elpiji tiga kilogram dari dana subsidi itu habis terpakai, warga harus membeli elpiji tiga kilogram selanjutnya dengan harga yang sudah ditentukan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *