Susi Pudjiastuti Ancam Bawa Kasus Kapal China ke MA Jika …

Susi Pudjiastuti Ancam Bawa Kasus Kapal China ke MA Jika ...
wartalima.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengeluarkan ancaman bagi Pengadilan Perikanan Ambon untuk membawa kasus kapal MV Hai Fa yang berasal dari China ke Mahkamah Agung (MA) jika memberikan keputusan akhir hanya memberikan tuntutan kepada nahkoda kapal Zhu Nian Lee berupa denda Rp 200 juta atau subsider hukuman penjara selama 6 bulan.

Ketua Satgas Anti Ilegal Fishing, Mas Achmad Santosa menyatakan bahwa TNI AL memiliki kewenangan untuk melakukan penyidikan, sementara pihaknya bukan merupakan bagian dari penyidik, penuntut atau hakim yang dapat memutuskan hukuman bagi kapal yang tertangkap melakukan pencurian ikan di kawasan perairan Indonesia.

Dikatakan Achmad lebih lanjut, pihaknya mengirimkan tim ke Ambon untuk meninjau yang terjadi kemudian memberikan laporan ke Menteri Susi untuk segera ditindaklanjuti.

Sebelumnya, TNI AL menangkap nahkoda Hai Fa dan membawanya ke pengadilan perikanan Ambon untuk diproses hukum.

Kejaksaan setempat memproses Hai Fa dengan tiga dakwaan berupa tidak memiliki Surat Layak Operasi (SLO), tidak mengaktifkan VMS atau Vessel Monitoring System dan ada unsur kesengajaan untuk menyelundupkan 15 ton hiu martil dan hiu koboi.

Dari ketiga dakwaan tersebut, pihak pengadilan menyatakan hanya satu yang terbukti, yaitu penyelundupan hiu martil. Hal tersebut membuat Menteri Susi dan Satgas Anti Illegal Fishing merasa ganjil. Namun Achmad menyatakan akan menunggu keputusan Jaksa terlebih dahulu sebelum bertindak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *