Skor Keselamatan Hanya 60, Sektor Perhubungan Indonesia Babak Belur

Skor Keselamatan Hanya 60, Sektor Perhubungan Indonesia Babak Belur
wartalima.com – Sektor perhubungan udara Indonesia dinyatakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengalami masa keterpurukan yang diistilahkan dengan ‘babak belur’.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubdit Perawatan Pesawat Udara Kemenhub, dalam diskusi mengenai industri penerbangan di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2015.

Babak belur yang dialami oleh sektor perhubungan Indonesia terlihat dari tidak bagusnya dalam mengantisipasi perkembangan pertumbuhan perkembangan infrastruktur, konsumen, dan operator.

“Kita kalau main bulutangkis itu baru menangkis-nangkis saja belum bisa mengarahkannya kepada lawan, iya (kita) defensif, babak belur,” ujarnya.

Hal tersebut terlihat dari skor keselamatan di Organisasi Penerbangan Sipil PBB (ICAO) yang dimiliki Indonesia hanya 45, berada jauh di bawah rata-rata skor negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Sedangkan skor keselamatan rata-rata di Asia-Pasifik mencapai 60 hingga 95. Bahkan Kanada dan Korea memiliki skor lebih dari 95.

Saat ini, pihak Kemenhub tengah berupaya untuk menaikkan skor di ICAO dan berharap bisa mengalami kenaikan di FAA dari kategori 2 menjadi 1 sebab skor keselamatan ICAO menjadi acuan bagi standar di FAA.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *