Jadi Pengamen Harus Berijazah Diploma Musik

Jadi Pengamen Harus Berijazah Diploma Musik
wartalima.com – Jika di Indonesia siapa saja bebas menjadi penyanyi jalanan atau pengamen, lain halnya dengan Plovdiv, kota terbesar kedua di Bulgaria, memiliki peraturan ketat bagi para pengamen di kota itu, yaitu harus berkualifikasi dengan memiliki ijazah yang sah.

Badan penyiaran nasional BNT menyatakan siapa saja yang ingin bernyanyi di jalanan utama kota Plovdiv harus berpendidikan diploma musik. Jika tidak, maka tidak akan mendapatkan izin untuk mengamen.

Hal tersebut berkaitan dengan terpilihnya Plovdiv sebagai Kota Budaya Eropa 2019.

Dewan kota tersebut mengaku mengikuti langkah sejumlah kota lain, termasuk Madrid yang menerapkan proses audisi bagi para pengamen jalanan mulai 2013.

Terkait hal tersebut, Plovdiv pun dibagi oleh dewan kota menjadi tiga zona.

Zona pertama berada di jalan tempat perbelanjaan utama dan wilayah Kota Tua terbuka yang hanya diperuntukkan bagi pemusik yang memiliki kualifikasi.

Zona kedua disediakan bagi para pengamen yang tidak mempunyai ijazah resmi, namun mereka diharuskan sudah pernah tampil dalam acara musik atau mengikuti kompetisi.

Sedangkan zona ketiga berada di luar kedua zona lainnya dan para pengamen lain di luar persyaratan yang ditentukan dalam kedua zona diizinkan bernyanyi di wilayah ini.

Meski terdengar ribet, namun ketua kebijakan umum dewan kota, Georgi Marinov tidak mau mengatakan bahwa persyaratan yang diterapkan itu sangat ketat.

Plovdiv berhasilnya mengalahkan penantang lainnya, termasuk ibukota Bulgaria, Sofia, dan terpilih sebagai Ibu Kota Budaya Eropa pada bulan September.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *