Pemerintah Subsidi Pajak Kendaraan Bermotor 70 Persen Mulai 1 April

Pemerintah Subsidi Pajak Kendaraan Bermotor 70 Persen Mulai 1 April
wartalima.com – Milau 1 April 2015, pajak kendaraan bermotor (PKB) disubsidi pemerintah hingga 70 persen yang juga berlaku bagi pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dengan ketentuan khusus.

Subsidi 70 persen diberikan dari nominal PKB dan BBNKB, sedangkan subsidi untuk angkutan umum barang adalah sebesar 50 persen dari nominal PKB dan BBNKB. Hal ini diberlakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 101 Tahun 2014.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Jawa Tengah, Hendri Santosa menjelaskan ketentuan khusus yang dimaksud tersebut adalah wajib pajak harus harus berbadan hukum Indonesia yang bergerak di bidang angkutan umum bagi pajak angkutan umum orang dan barang.

Selain itu, izin penyelenggaraan angkutan umum dan buku uji kendaraan yang masih berlaku juga menjadi ketentuan khusus lainnya bagi wajib pajak kendaraan bermotor tersebut.

Mengenai syarat badan hukum angkutan umum yang dimaksudkan adalah pemilik angkutan umum orang dan barang wajib berbadan hukum Indonesia sesuai undang-undang.

Jika angkutan yang dimiliki masih berstatus perseorangan maka wajib diubah berbadan hukum paling lambat 31 Desember 2015.

Sedangkan wajib pajak dari angkutan umum dan barang yang tengah dalam proses peralihan badan hukum tetap akan mendapatkan subsidi 70 persen asal melampirkan surat keterangan proses peralihan yang sah.

Surat keterangan tersebut bisa diperoleh dari Dinas perhubungan, Organda dan notaris untuk perseroan terbatas (PT). Sedangkan untuk Koperasi bisa memperolehnya dari Dinas Koperasi, Organda dan Dinas Perhubungan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *